Lanudal Tanjungpinang Gelar Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila - GUGUAH SE

Sabtu, 01 Juni 2024

Lanudal Tanjungpinang Gelar Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila

TNI AL-Dispen Puspenerbal (1/6/2024) | Pangkalan Udara TNl AL (Lanudal) Tanjungpinang menggelar upacara peringati Hari Lahir Pancasila tahun 2024 dengan penuh khidmat yang dihelat di Lapangan Apel Mako Lanudal Tanjungpinang yang dilaksanakan dengan penuh khidmat diikuti oleh seluruh prajurit serta PNS, Sabtu (1/6/2024).

Bertindak selaku Inspektur upacara Kolonel Laut (P) Triwibowo dengan Komandan Upacara (Danup) Lettu Laut (T) Purwanto.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi dalam amanatnya yang dibacakan Komandan Lanudal Tanjungpinang, mengajak seluruh komponen bangsa untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Ia menekankan pentingnya menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja, dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia. Pancasila, menurutnya, harus menjadi pedoman dalam menjaga etika, integritas, dan karakter para pemimpin serta rakyat Indonesia.

Tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini adalah "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". Tema ini mengandung makna bahwa Pancasila mampu menyatukan bangsa dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Upacara diakhiri dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, penghormatan pasukan, dan meninggalkan lapangan oleh Inspektur Upacara.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda