Bacalon Wako Padang, Khairul Ikhwan Ajak Nelayan Jaga Sumber Daya Kelautan Yang Ada - GUGUAH SE

Senin, 20 Mei 2024

Bacalon Wako Padang, Khairul Ikhwan Ajak Nelayan Jaga Sumber Daya Kelautan Yang Ada

PADANG | Bacalon Wako Padang, Dr Khairul Ikhwan, MM yang juga sebagai tokoh masyarakat Padang dan sekaligus profesional bisnis, ikut menjadi narasumber dengan memberikan motivasi pada kelompok nelayan Padang mengenai pengawasan SDKP (Sumber Daya Kelautan dan Perikanan).

Hal ini bagian dari acara Sosialisasi Penguatan Peran Masyarakat dalam Pengawasan SDKP Melalui Sistem Pengawasan Berbasis Masyarakat, yang dilaksanakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Komisi IV DPR RI bertempat di Balatkop Ulak Karang Padang.

Menurut Khairul Ikhwan, salah satu misi pembangunan nasional yang terkait dengan pembangunan kelautan dan perikanan adalah bagaimana mewujudkan Indonesia sebagai negara maritim yang mandiri, maju, kuat dan berbasis kepentingan nasional.

“Khusus mengenai pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, atau SDKP, diatur berdasarkan Undang-Undang No 45 Tahun 2009 tentang Perikanan,” ujar Khairul Ikhwan, Senin (20/5/2024).

Dalam undang-undang tersebut, disampaikan Khairul Ikhwan bahwa perikanan adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya ikan dan lingkungannya mulai dari pra-produksi, pengolahan sampai dengan pemasaran.

Nelayan Padang, kata Khairul Ikhwan lagi, sangat penting memahami pemanfaatan sumber daya kelautan yang benar dan tidak merusak. Sehingganya bisa berkelanjutan. “Jangan sampai nelayan memakai alat tangkap yang dilarang oleh undang-undang tadi. Seperti menangkap ikan dengan melakukan pengeboman, dan lainnya,” tukasnya.

Lanjutnya, kemudian harus bisa menjaga terumbu karang sebagai tempat hidupnya plasma nutfah, ikan-ikan serta kehidupan laut lainnya. “Ini sangat penting sekali dilakukan,” tegas mantan Anggota DPRD Padang ini.

Disebutkan Khairul Ikhwan, di samping untuk menjaga keberlanjutan kehidupan laut, khususnya ikan-ikan, bisa juga untuk pariwisata, di antaranya memancing, menyelam dan snorkeling.

“Laut adalah sumber daya yang perlu dijaga. Maka nelayan Padang harus bisa memanfaatkan sumber daya laut di sepanjang pesisir pantai dengan baik dan memperhatikan lingkungannya,” pungkas Khairul Ikhwan yang digadang-gadang menjadi Walikota Padang ke depan.

Acara yang dihadiri seratusan nelayan Padang ini, turut menjadi narasumber Anggota Komisi IV DPR RI Dr Hermanto, SE, MM dan dari Kementerian Perikanan dan Kelautan RI.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda