Prajurit Lanudal Kupang Laksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila - GUGUAH SE

Sabtu, 01 Juni 2024

Prajurit Lanudal Kupang Laksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

TNI  AL-Dispen Puspenerbal (1/6/2024). | Dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila, prajurit Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Kupang melaksanakan Upacara peringatan yang digelar di Apron Lanudal Kupang, Sabtu (1/6/2023). 

Upacara dipimpin langsung oleh Komandan Lanudal Kupang Mayor Laut (P) Arief Sukmono Akbar selaku inspektur upacara, sekaligus membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi.

Menurut Kepala BPIP RI mengatakan bahwa Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Menurutnya, keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bagsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional "Bhineka Tunggal Ika".

"Saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," ajaknya.

Pada upacara tersebut juga dilaksanakan pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks Pancasila oleh Irup dan di ikuti oleh peserta upacara serta Pembacaan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Setelah pelaksanaan upacara, dilanjutkan kegiatan nonton secara virtual pelaksanaan upacara peringatan tersebut langsung dari Dumai Riau yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia bapak Joko Widodo.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda