Sinergitas Koarmada III Bersama Unsur Maritim Papua Barat Daya, Latihan Kesiapsiagaan Operasi - GUGUAH SE

Kamis, 29 Februari 2024

Sinergitas Koarmada III Bersama Unsur Maritim Papua Barat Daya, Latihan Kesiapsiagaan Operasi

Sorong, PBD (TNI-AL Koarmada III) |  Bertempat di di Gedung Mas Pardi, Mako Koarmada III, Katapop Kab Sorong Papua Barat Daya, Komandan Satkor Koarmada III Kolonel Laut (P) Binsar Alfret Syaiful Sitorus,S.E., memimpin Tactical Floor Game (TFG) pada Latihan Kesiapsiagaan Operasi (LKO) Koarmada III Tahun Anggaran 2024, yang diikuti dan bersinergi dengan peserta latihan yang terdiri dari Kansar Sorong, KPLP, Ditpolairud dan BMKG Sorong, Kamis (29/02/24).

Adapun pelaksanaan TFG merupakan tahap permainan simulasi taktik dan puncak dari kegiatan Latihan Posko sebelum melaksanakan latihan sesungguhnya yaitu manuver lapangan (Manlap) yang akan di gelar pada tanggal 06 Maret 2024 di Perairan Sorong Papua Barat Daya. 

Kegiatan TFG ini dilaksanakan untuk memaksimalkan dan mematangkan rencana operasi dan rencana terinci yang telah disusun oleh masing-masing bagian yang terlibat, sehingga diharapkan seluruh peserta latihan mendapatkan gambaran kejadian sesungguhnya.

Dikatakan Komandan Satkor Koarmada III, Latihan tersebut bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan unsur operasional Koarmada III yang bersinergi dengan Kansar Sorong, KPLP, Ditpolairud dan BMKG Sorong dalam melaksanakan tugas pencarian dan penyelamatan terhadap kecelakaan kapal yang terbakar dan tenggelam di laut.

Pada bagian lain ditempat terpisah, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada III) Laksamana Muda TNI Hersan, S.H., M.Si., M.Tr. Opsla, mengatakan bahwa kegiatan TFG ini dimaksudkan agar seluruh perserta Latihan Kesiapsiagaan Operasi (LKO) Koarmada III, benar-benar tahu apa yang harus dikerjakan baik cara bertindak dan cara menggunakan peralatan yang diawakinya. Selain itu, para pelaku harus dapat menyelesaikan atau memecahkan setiap persoalan yang diberikan sesuai dengan dinamika latihan oleh pengendali latihan, sehingga pelaksanaan TFG dapat berjalan seperti benar-benar terjadi.

(Tim/Red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda