Bersama Dispsial, Lanal Cilacap Lakukan Pemetaan Psikologi Masyarakat Pesisir KBN Kutawaru - GUGUAH SE

Jumat, 09 Februari 2024

Bersama Dispsial, Lanal Cilacap Lakukan Pemetaan Psikologi Masyarakat Pesisir KBN Kutawaru

LANAL CILACAP | Pangkalan TNI AL (Lanal) Cilacap bersama Dinas Psikologi TNI AL (Dispsial) melakukan pemetaan psikologi bagi masyarakat pesisir di Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Kelurahan Kutawaru, Kecamatan Cilacap Tengah. (06/02/2024).

Kegiatan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat, hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Lurah Kutawaru Ibu Titik Susanti bahawa pihaknya mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran dan pelaksanaan kegiatan pemetaan oleh Dipsial. "Semoga kegiatan ini bisa memeberikan manfaat bagi masyarakat Kutawaru," ungkapnya.

Dikesempatan yang sama Kasubdis Psitek DispsialKolonel Laut (P) Andy Sulistiono, M.Psi., M.Tr. Opsla dalam sambutannya menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah melakukan riset,  serta memetakan guna menggali potensi - potensi yang ada di daerah pesisir.

"Nantinya kita akan bekerjasama dengan Universitas Fakultas Psikologi yang ada disekitar Cilacap, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat,"terangnya.

Lebih lanjut, Kolonel Andy menjelaskan kegiatan ini merupakan program TNI AL serta sejalan dengan Cita - cita Presiden Joko Widodo Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Outputnya adalah mensejahterakan masyarakat Kutawaru, yang merupakan tujuan dari KBN dengan  klaster ekonominya,"pungkasnya.

Untuk menindak lanjuti dan mencari solusi kendala  yang dialami Kelompok Wisata  Simanja (Konservasi Mangrove Jagapati) tim Dispsial didampingi Dansub Unit Intel  Lanal Cilacap Lettu (T) Wahid, Pgs Paur Dayaguna Spotmar Lanal Cilacap Letda Mar Iswanto  langsung turun ke Lapangan untuk melakukan survei. 

Ada beberapa kendala yang disampaikan oleh Pengurus Ekonomi Wisata Sugiono diantara belum terkoordinasinya promosi wisata, pembibitan ikan laut dan pemijahannya.

Ia, berharap dengan kegiatan ini ada tindak lanjut dari TNI AL, khususnya Lanal Cilacap, demi peningkatan ekonomi, sosial dan lingkungan yang berkelanjutan 

Kelompok Wisata  Simanja sendiri beranggotakan 30 orang,  juga  bergerak dibidang pembibitan bibit pohon mangrove.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda