PERINGATI HUT KE-77 RI, DANLANTAMAL XI PIMPIN UPACARA PENGIBARAN BENDERA BAWAH AIR - GUGUAH SE

Rabu, 17 Agustus 2022

PERINGATI HUT KE-77 RI, DANLANTAMAL XI PIMPIN UPACARA PENGIBARAN BENDERA BAWAH AIR

Merauke, 17 Agustus 2022 | Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia, Lantamal XI Merauke melaksanakan pengibaran bendera merah putih bawah air yang dilaksanakan di perairan Kampung Rawa Biru Merauke yang secara serentak dilaksanakan pada 17 Agustus 2022 pada 77 lokasi se-Nusantara, sekaligus sebagai momen memecahkan rekor Muri.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XI Merauke bertindak sebagai Inspektur Upacara dan Danyonmarhanlan XI Merauke Mayor Marinir Alfredo Yowel Antaribaba, M.Tr.Opsla sebagai Komandan Upacara bersama Personil Sat Polirud dan Basarnas Merauke laksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dari bawah air dalam rangka memperingati HUT RI Ke-77 yang jatuh pada hari ini.

TNI AL Melaksanakan Pengibaran Bendera Merah Putih serentak dilaksanakan di 77 titik Nusantara sesuai dengan arahan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono yang mengusung tema “Membangun kejayaan Maritim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat”

Di kedalaman 7 meter Komandan Lantamal XI beserta para Tim penyelam bersama-sama melakukan penyelaman untuk melaksanakan Pengibaran Bendera Merah Putih.

“Di dalam Dirgahayu RI yang Ke-77 ini Kami dari TNI AL mengadakan upacara yang sedikit di luar kebiasaan, biasanya kami pelaksanaan pengibaran bendera merah putih tidak serentak di bawah air,  tapi atas Perintah Bapak Kasal kita melaksanakan di 77 penyelaman secara bersamaan yang dipimpin Bapak Kasal dari Pulau Putrì Kepulauan Seribu, Jakarta. Adapun niat dari TNI AL adalah supaya masayarakat Indonesia lebih mencintai lagi kemaritiman dan kebahariawan seperti yang kita ketahui bersama apa yang dicanangkan bapak Presiden bahwa kekayaan Indonesia paling banyak berasal dari laut” Ungkap Danlantamal XI.

Dalam pelaksanaannya Lantamal XI berpadu dengan beberapa instansi yang memang bergabung dalam komunitas air yakni pertama dari Lantamal XI, Basarnas dan Kepolisian dalam hal ini diwakili oleh Sat Polairud Merauke. 

Lebih lanjut Danlantamal XI menambahkan “Untuk kondisi di bawah air saya sudah orientasi dari 11 pantai yang ada di Merauke karena judulnya dari Sabang sampai Merauke sehingga saya harus menemukan Tempat selam di Merauke, saya sudah perintahkan anak buah saya untuk mencari dan koordinasi dengan Pemda sampai ke Pulau Habe kebetulan untuk bulan Agustus hingga September ini seluruh pantai di Merauke 0 visibility tidak ada jarak pandang sehingga kami coba di kampung rawa biru ini kami dapat visibility sejauh 3 m sehingga kami laksanakan di Perairan Rawa Biru” Tutup Danlantamal XI.

Kegiatan Upacara Penaikan Bendera bawah air di Kampung Rawa Biru ini turut disaksikan dari atas air oleh Forkopimda Kabupaten Merauke dan awak Media.

 (Dispen Lantamal XI).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda